Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Temayang - Kepala Desa Temayang, H Mohammat Erfan yang sudah melakukan kunjungan ke beberapa titik sawah diwilayah desa, setelah mengamati sawah- sawah di sekitar desa Temayang, Selasa, (24/3/2015). mengatakan hasil panen padi di sejumlah wilayah meningkat antara 1,5 sampai 2 ton/ha untuk tahun ini.

"bahkan meningkatnya panen tahun ini setelah di survei peningkatan mencapai 2 ton/ha merupakan hasil luar biasa dari pada tahun lalu, semua ini memang patut kita syukur kepada Allah.  ," katanya usai kami wawancarai di kantor desa Temayang.

"Terjadinya peningkatan hasil produksi padi ini merupakan tanda-tanda yang baik dalam pencapaian swasembada pangan ," katanya.
 
Kepala desa Temayang mengatakan mundurnya waktu tanam padi selama 1,5 bulan ternyata tidak selalu berdampak negatif pada panen, bahkan malah berdampak baik terhadap usaha budidaya tanaman padi.

Dia mengatakan, musim tanam seharusnya pada Januari 2015- April 2015 namun perubahan iklim membuat musim tanam bergeser menjadi Desember 2014 - Maret 2015.

Apabila musim tanam berlangsung sesuai jadwal, ia menjelaskan, selain ada potensi serangan hama, hasil bulir gabah juga akan berkualitas rendah karena curah hujan tinggi pada awal tanam.

"Gabah akan cenderung berwarna hitam dan sulit dijemur. Lengkaplah semua penderitaan petani," katanya.
 
Produksi gabah petani di wilayahnya yang semula delapan ton gabah kering panen per hektare meningkat menjadi 10 ton gabah kering panen pada awal tahun ini.

kesuksesan Peningkatan panen tahun ini merupakan keikut sertaan pemerintah Desa dalam mengawal distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat .

(ROUF/KIMTP)

About Indonesian Blogger Lovers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top