Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Temayang - Sebelah selatan Temayang terdapat pegunungan, salah satunya yaitu Gunung peleng, Gunung peleng merupakan gunung yang berada di perbatasan antara desa Temayang, Desa Kedung sari dan Desa Kedungsumber kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro provinsi Jawa Timur. 

Suasana Gunung Peleng dari sebelah Barat Daya 

Gunung ini merupakan pegunungan kapur yang membujur di daerah selatan Bojonegoro. Gunung ini sebelah timur terdapat sungai pacal yang mengalir dari Waduk Pacal, gunung ini dulunya penghasil Jati yang kualitasnya unggul, dengan perubahan zaman gunung peleng tinggal sedikit kayu jatinya.


Gunun ini dikatakan "gunung peleng" dikarenakan gunung tersebut mempunyai legenda kisah perjalanan para wali songo. Pada jaman dahulu waktu sunan Bonang berkeliling wilayah atau berdakwah di deso Milangkori untuk menyebarkan agama Islam bertemulah beliau dengan masyarakat sekitar. 


Beliau mengajari masyarakat tentang agama islam yang penuh damai dan bersahaja. Ajaran menyembah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa (engkang moho kuaos) mengatur dunia dan isinya yang memberi riski dan segalanya kepada manusia untuk beraklak mulia dan berbudi pekerti luhur, menghormati sesama, dan melestarikan alam raya.


Karena pertemuan itu berada di puncak gunung, maka oleh masyarakat tempat itu dinamai gunung peleng yang artinya "gunung kanggo ngelingno", diharapkan masyarakat yang ada disekirar gunung tersebut senantiasa untuk selalu ingat kepada Allah, juga melaksanakan perintahnya beserta menjauhi segala larangannya. (KIMTP/R)

About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top