Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Desa Temayang menyimpan catatan bersejarah tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Adalah Tugu Pahlawan, salah satu saksi bisunya.

Tugu Pahlawan, ikon Desa Temayang ini menyimpan banyak cerita sejarah perjuangan para pahlawan melawan penjajah untuk memerdekakan Indonesia. Salah satu bentuk penghormatan terhadap pergolakan tersebut adalah Tugu Pahlawan yang menarik perhatian, tak hanya warga lokal namun wisatawan dari daerah lainnya. Namun, apakah Anda tahu beberapa fakta menarik di balik kokohnya Tugu Pahlawan? Berikut ulasannya:

Makna di balik Tugu Pahlawan

Saat itu terjadi pertempuran antara tentara Indonesia melawan pasukan Belanda di Desa/Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Perang ini merupakan perang susulan dengan pasukan asing setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya itu, pertempuran ini merupakan pertempuran sengit yang berada di wilayah Bojonegoro Selatan  atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Memperingati peristiwa pertempuran
Tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa Peperangan Sengit melawan penjajah. Monumen ini menjadi pusat perhatian  mengenang banyaknya pahlawan yang gugur dalam membela bangsa dan negara dari musuh.

Kronologis Pembangunan Tugu PahlawanDi Desa Temayang Terdapat sebuah Tugu yang di berinama Palangan Temayang, Yang dibangun pada Tanggal 18 Juni 1975 oleh Kodim 0813/Bojonegoro Untuk mengenang perjuangan TNI bersama Rakyat dalam melawan Agresi Militer Belanda II (1948–1949) dan gugurnya seorang pahlawan Lettu Suyitno. (Rouf/KIMTP)

(dari berbagai sumber)

About Indonesian Blogger Lovers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top