Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

kimtugupahlawan.com - Musim panen padi tahap pertama sudah dimulai sejak sekitar dua pekan yang lalu di wilayah Desa Temayang Kecamatan Temayang, dengan hasil rata-rata yang didapat para petani diwilayah ini berhasil dengan panen yang melimpah, karena tahun ini tanaman padi milik para petani tidak gagal panen atau tidak terserang penyakit sebagaimana tahun yang lalu.



Walaupun tahun ini masa tanam padi diwilayah Temayang rata-rata dimulai sejak awal januari yang bisa dikatakan lebih lambat sebagaimana jadwal seharusnya masa tanam bulan Desember. Alhamdulillah hasilnya bagus dan melimpah, dan tidak ada rintangan yang melintang seperti tahun yang lalu.

Akan tetapi kegalauan atau kebimbangan para petani untuk tanam priodik kedua ini telah terjadi, karena para petani diwilayah Temayang banyak yang trauma, disebabkan pada tahun kemarin 2015. tanam padi priodik kedua ini banyak yang gagal Total, Penyebab utama kegagalan utama adalah faktor air yang mengandalkan tadah hujan.

Secara geografis wilayah Temayang memang dialiri sungai pacal yang bersumber dari waduk pacal, wilayah pertanian Masyarakat Temayang jauh dari jangkauan sungai pacal yang berjarak berkisar 700 meter sampai 1 km, tentu untuk mendapat suplai air dari sungai pacal butuh biaya yang tidak sedikit, apalagi tidak ada irigasi yang bisa mengarah ke persawahan.

Kegalauan para petani untuk tanam padi kembali atau tidak menjadi spekulasi yang harus segera diatasi, agar tanam padi tahap kedua ini berjalan dengan sukses dan melimpah. salah satu strategi para petani adalah dengan menanam jenis padi Jerang kumis yang mempunyai durasi waktu masa panen hanya 60 hari. 

Para petani Temayang berkejaran dengan waktu musim hujan, kalau sudah terlanjur tanam padi  yang hanya mengandalkan tadah hujan periodik kedua antara bulan april - juni, jika ditengah perjalanan ternyata umpama musim kemarau dimulai bulan mei maka akan menjadi mimpi buruk para petani di Daerah Temayang dan sekitarnya. (KIMTP/Rouf)

About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments:


Top