Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

   Manusia sebagai makhluk sosial diciptakan oleh Tuhan yang maha Kuasa, Manusia untuk saling membutuhkan satu sama lain. Setiap Manusia pada Hakikatnya tidak dapat hidup sendiri, melainkan selalu terdapat interaksi sosial dengan sesamanya dan saling membutuhkan satu sama lain dalam setiap aspek kehidupan, karena konsep gotong royong itu adalah berat sama dipikul ringan sama dijinjing .
Kerja Bakti Pengerukan Masjid Baiturrohman Temayang

      Masyarakat Indonesia terkenal dengan sikap ramah, kekeluargaan dan gotong royongnya didalam kehidupan sehari-hari. Sehingga untuk menyelesaikan segala urusuan , kegiatan yang ada didalam kehidupan masyarakat dibutuhkan sikap gotong royong yang dapat mempermudah dan memecahkan masalah secara efisien. 
            Kegiatan gotong royong yang terjadi dimasyarakat Temayang sudah berjalan dengan baik dan rutin satu bulan sekali diselenggarakan, gotongroyong tersebut seperti kerjabakti membersihkan gorong gorong, membersihkan ranting dipinggir jalan, dan membangun masjid Baiturrohman Temayang yang sekarang lagi dalam proses pembangunan.
        Sikap gotong royong yang dilakukan masyarakat Temayang dalam kehidupannya memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting. Dengan adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan cepat terselesaikan jika dilakukan kerjasama dan gotong royong diantara sesama penduduk di dalam masyarakat Temayang itu sendiri. 

         Gotong royong menjadi salah satu penguat karakter bangsa. Gotong royong merupakan perwujudan sila Pancasila yang ketiga, yakni Persatuan Indonesia. Maka dengan gotong royong akan memupuk rasa kebersamaan, meningkatkan solidaritas sosial, mempererat tali persaudaraan, menyadarkan masyarakat akan kepentingan umum dan tanggung jawab sosial,  menciptakan kerukunan, toleransi yang tinggi  serta rasa persatuan dalam masyarakat Indonesia.
            Di zaman sekarang yang serba instan dan canggih ini, diharapkan gotong royong mampu bertahan,  mengakar pada dimasyarakat terutama generasi penerus bangsa. Oleh karenanya gotong royong perlu untuk dikuatkan kembali, mengingat betapa pasang surutnya gotong royong di masa sekarang, beberapa perwujudannya mungkin masih ada, namun sudah semakin berkurang, menjadi berbeda, maupun telah mengalami pergeseran budaya akibat arus globalisasi.
            Kita ketahui bersama, bahwa sejak dahulu kala, budaya gotong royong sudah menjadi kebiasaan dan salah satu ciri khas warga masyarakat bangsa kita. Gotong royong merupakan warisan para pendahulu kita yang harus tetap kita lestarikan, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top