Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Temayang - Ditengah panasnya cuaca musim kemarau, tidaklah mempengaruhi prokduktifitas buah mangga asal Desa Temayang, buah yang mempunyai rasa manis dan masam ini menjadi primadona masyarakat setempat, karena ketika musimpanen harga yang sangat tinggi seperti tahun ini.

Jenis Mangga Gadong yang siap dipanen pada bulan oktober



Produktifitas buah mangga tahun ini sangat bagus dari pada tahun yang lalu, dari segi harga juga lebih mahal sekarang, seperti tahun ini setiap pohon buah mangga dihargai 1 juta - 1,5 juta oleh para pemborong, harga yang melejit tinggi ini dipengaruhi oleh musim panas yang panjang.

Pemborong atau tengkulak datang ke desa Temayang kebanyakan berasal dari luar kabupaten Bojonegoro, seperti dari Nganjuk, Ngawi, Madiun, Blora dan daerah lainnya. jenis buah mangga yang dicari oleh pemborong luar kota adalah jenis buah mangga gadung, yang mempunyai ciri-ciri rasa asam dan manis yang khas.

Jenis buah yang banyak terapat di desa Temayang adalah antaranya mangga beruk, gadong, golek, manalagi dan cengkir, kopyor, sengir dan masih ada puluhan varian buah mangga yang lainnya, Rasa buah mangga varietsnya unggul ddan tingkat ketuaan buhnya cuku, tetapi kalau bibit tanaman berasal dari biji maka rasa buahnya dapat menyimpang dari induknya.


Musim berbuah tanaman mangga bersamaaan dengan musim kemarau. Tanaman mangga berbunga 1,5 – 2 bulan sesudah kemarau di mulai dan buah matang 3 – 4 bulan kemudian. Bila musim kemaraunya lebih kering, hasil produksi akan lebih baik. Demikian daerah – daerah dengan musim kering yang panjang baik di gunakan untuk kebun mangga. Musim panen buah mangga umumnya jatuh pada bulan agustus – desember.


Buah mangga mengandung beberapa zat gizi yang bermanfaat untuk perbaikan gizi masyarakat. Daging buah mangga yang berwarna merah oranye banyak mengandung vitamin A yang sangat di butuhkan tubuh. Tidak semua buah mangga mengandung vitamin A dengan jumlah yang sama. Kandungan vitamin A buah mangga berkisar antara 1.200 – 16.400 SI. Mangga dengan kandungan vitamin A tertinggi adalah mangga gedong ( 16.400 SI ). Selain vitamin A buah mangga juga mengandung vitamin c. kandungan vitamin C pada buah mangga berkisar antara 6 – 30 mg/100 g buah.

About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top