Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Temayang - Dukuh Genengan merupakan salah satu pedukuhan yang berada di Barat daya Desa Temayang, ciri-ciri utama pedukuhan ini adalah disitu terdapat pohon randu alas yang telah diperkirakan berumur ratusan tahun, yang diameter garis tengah pohon randualas mencapai 2,5 M panjangnya.

Bawang Merah Paska Panen dari sawah menuju penjemuran

Disamping itu ketika anda memasuki dukuh genengan, akan mencium bau khas yaitu brambang atau bawang merah. Bawang merah ini didatangkan langsung dari daerah Bojonegoro selatan diantaranya yaitu gondang, jari, pragelan, Nganjuk dan juga dari Pacet Mojokerto. seperti yang disampaikan oleh salah satu Bos bawang merah, BambangWinarto mengatakan '

"sak asline daerah Temayang kui mampu produksi brambang super koyo nek kabupaten Nganjuk, nangeng Pemerintah Bojonegoro kurang tanggap ne masalah iki, lha seiki brambang iki ditekakne songko kecamatan sekitar Temayang lan songko jobone Bojonegoro, koyo Nganjuk lan Tulungagung"

Untuk marketing komoditi bawang merah ini di distribusikan ke daerah Bojonegoro utara, mulai dari Blora, Cepu, Pasar kota, ketimur sampai dengan Babat Lamongan. Namun terkadang pasar harga bawang merah kurang mendukung dan anjlok sehingga merugikan petani lokal dan pengepul, disebabkan oleh bawang impor, 

Sampai saat ini didukuh Genengan banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang ikut mensortir brambang yang siap di distribusikan ke pasar domestik, ada sekitar puluhan ibu-ibu yang setiap harinya di gudang bawang merah tersebut.

About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top