Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya

Temayang - Meski sebagian lahan pertanian padi di Desa Temayang , Kecamatan Temayang Bojonegoro sudah panen dari musim tanam pertama (MT I) Kamis, (19/03/2015)
, namun sebagian pemilik lahan mengaku khawatir akan nasib musim tanam Padi selanjutnya. Pasalnya, mereka mengaku masih kesulitan mencari tenaga kerja penggarap lahan pertanian padi.

Sebagaimana yang disampaikan oleh para buruh tani yang mempunyai kelopok pemanen padi atau yang disebut dengan istilah buruh ngedos, karwoto di sela-sela kegiatan dirumahnya kemarin petang ketika kami wawancarai. Ia juga memaparkan bahwa panen padi yang dilaksanakan di seluruh lahan pertanian dengan luas total ratusan hektare ini tentunya membutuhkan tenaga penggarap yang banyak. Akan tetapi, setiap musim tanam, justru jumlahnya berkurang untuk memanennya, seperti kelompok pemanen padi, kelopok kami dalam waktu 2 pekan kedepan sudah penuh, padahal perintaan untuk memanen padi milik tetangga harusnya besok atau dalam pekan ini.

”Ada berbagai faktor penyebab menurunnya jumlah tenaga penggarap lahan pertanian, di antaranya alih profesi, mencari pekerjaan lain,” katanya. 

(Rouf/KIMTP)

About Indonesian Blogger Lovers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top