Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

VIEW ALL

Lumbung Pangan

Lumbung Energi

Pendidikan, Kesehatan & Olahraga

Ekonomi Religi Budaya


kimtugupahlawan.com - Pada tahun ini kemarau panjang sangat dirasakan oleh masyarakat Temayang khususnya, dengan kemarau panjang ini sumber mata air mulai menipis dan ada dibeberapa tempat sudah tidak mengeluarkan air dari sumber air tanah.


Dengan tidak mengeluarkan air dibeberapa titik didesa Temayang, dimanfaatkan oleh para pembuat sumur bor, salah satunya yang menekuni profesi ini adalah bani, banyak warga yang memesan untuk membuatkan sumur bor dan ada juga yang meminta untuk memperdalam sumur bor yang sudah ada supaya sumber mata air lebih banyak. 

Banyak sumur-sumur di Desa Temayang yang sudah di kerjakan, karena sudah menekuni profesi ini sudah puluhan tahun, diantaranya yang dikerjakan seperti sumur di pesawahan, kebun dan ada dipekarangan rumah sekitar.








bani sang tukang pembuat sumur bor ini bersama dengan rekannya sidiq memulai aktifitasnya sejak pukul 06.00 pagi sampai sore, memulai mendeteksi sumbermata air dan dilanjut dengan pengeboran, pengeboranpun dengan alat yang serba manual dan sederhana, tanpa menggunakan peralatan mesin yang serba canggih.


menurut bani disela-sela pembuatan sumur mengatakan " nggawe sumur kui butuh kesabaran super, soale angger ngebor sumur ora mesti langsung dadi, terkadang sampe ngebor peng telu lage metu sumbere seng dikarepake, koyo nggawe sumur anyar ne samping masjid iki, iki wes pindah peng telu, terakhir lagek iso metu sumbere" begitulah pernyataanya.


About Moh Abdurrouf, S.Pd.I

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top